Program
Belajar (PB) ini ditujukan kepada anak Kelompok Bermain untuk mengembangkan kemampuan menganalisis seperti melihat kualitas suatu benda seperti warna,
bentuk, dan ukuran.
2. Logika
PB Logika ditujukan kepada kelompok TK untuk mengembangkan kemampuan berfikir logis yaitu mengasah kemampuan menganalisis benda dan peristiwa. Pada PB Logika anak belajar untuk mengklasifikasikan dan menyusun benda dan peristiwa berdasarkan kriteria tertentu.
PB Logika ditujukan kepada kelompok TK untuk mengembangkan kemampuan berfikir logis yaitu mengasah kemampuan menganalisis benda dan peristiwa. Pada PB Logika anak belajar untuk mengklasifikasikan dan menyusun benda dan peristiwa berdasarkan kriteria tertentu.
3. Matematika
PB
Matematika ditujukan untuk kelompok TK. Anak belajar konsep ukuran dan
pengukuran, membandingkan perbedaan kuantitas dan kualitas suatu benda dan
mengeksplorasi hubungan matematika (mis: lebih besar dari, lebih kecil dari)
pada PB Matematika.
4. Semua tentang Cerita
PB Semua
tentang Cerita ditujukan kepada Kelompok Bermain dan TK. Program ini bertujuan mengembangkan
kemampuan berpikir abstrak dan membantu anak untuk menganalisis hal-hal yang pokok dalam sebuah cerita. Pada program
ini anak belajar struktur maupun bahasa cerita (mis: isi, jalan cerita,
hubungan antar karakter dalam cerita) yang pada akhirnya anak dapat bercerita
secara mandiri.
5. Permainan Perkembangan
Pada program
ini anak bermain dalam kelompok untuk mengembangkan keterampilan sosial dan
bahasa, mengembangkan imajinasi produktif, kemampuan komunikasi, berpikir
fleksibel, kreatif dalam memecahkan masalah, meregulasi diri dan harga diri. PB
Permainan Perkembangan ditujukan untuk Kelompok Bermain dan TK.
6. Artographics
Program Arthographics memupuk keterampilan yang
diperlukan untuk menulis dan mengekspresikan kreativitas seni. Selain itu
program ini mengembangkan “art vision” dan dan mengenalkan perbedaan simbol seperti perbedaan komposisi,
warna, dan ritme. Program ini ditujuakn kepada
Kelompok Bermain dan TK.
PB
Visual-spasial ditujukan kepada kelompok TK. Program visual-spasial
mengembangkan keterampilan bidang ruang yaitu berlatih melihat
struktur benda dan membayangkan diantara
benda-benda tersebut dalam ruang tertentu. Pengenalan konsep di bawah, di atas, di depan, dibelakang merupakan salah
satu awalan untuk mengembangkan keterampilan anak memahami skema atau peta
secara mandiri.
8. Creative
Modelling
PB Creative
Modelling ditujukan untuk Kelompok Bermain dan TK. Program ini bertujuan
mengembangkan keterampilan kerjasama dan sosial. Anak-anak berlatih bersama menemukan persamaan dan pola-pola
dengan mengolah atau mendayagunakan bentuk-bentuk geometris, membuat komposisi
artistik dunia sekitar mereka.
9. Konstruksi
Pada program
Konstruksi anak belajar menganalisis struktur benda, membuat rencana, mengartikulasikan
rencana mereka, dan mewujudkan rencana tersebut, misalnya membangun suatu benda
menggunakan balok-balok kayu. Program ini mengembangkan bahasa matematika dan
melatih berperilaku yang mengarah pada tujuan. PB Konstruksi ditujukan kepada
Kelompok Bermain dan TK.
10. Eksplorasi
PB
Eksplorasi ditujukan kepada kelompok TK. Melalui permainan, cerita sederhana,
dan uji coba anak-anak menemukan konsep
sains (misalnya: kualitas zat, perbedaan zat dan transformasi zat).
11. Gerakan Ekspresif
Mengembangkan
kecerdasan emosional, keterampilan komunikasi non-verbal, kreativitas dan imajinasi
melalui gerakan tubuh. PB Gerakan Ekspresif ditujukan untuk kelompok bermain
dan TK.
12. Aku – Kamu – Dunia
Menggunakan
simbol-simbol dan gambar-gambar yang memungkinkan anak-anak belajar tentang
diri sendiri secara fisik, emosi dan sosial, tentang alam dan dunia, tentang
makhluk hidup dan benda mati. Program ini ditujukan kepada Kelompok Bermain.
0 komentar:
Posting Komentar