Jumat, 02 Mei 2014

Profil Divisi Pengembangan Sumberdaya Pendidikan - LPPI

Profil Divisi Pengembangan Sumberdaya Pendidikan
Divisi Pengembangan Sumber Daya Pendidikan merupakan salah satu divisi dari Lembaga Peduli Pendidikan Indonesia. LPPI sendiri merupakan suatu lembaga swadaya masyarakat dan independen yang bergerak dalam bidang psikologi perkembangan dan pendidikan.
Sesuai dengan visi LPPI yang bertujuan untuk mewujudkan dan mengembangkan pendidikan Indonesia yang beradab, berharkat, dan bermartabat, tujuan dari divisi ini adalah memberikan layanan yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia, khususnya dalam bidang pendidikan. Kami

Layanan di dalam divisi ini terdiri dari :
Layanan 1: Pusat Asesmen
Pendidikan yang optimal, tepat, dan efektif menjadi penentu kualitas hidup masyarakat. Untuk mencapai hal tersebut perlu adanya dukungan dari program belajar, materi, dan kesiapan individu dalam kegiatan pendidikan. Pusat Asesmen ini memberikan layanan yang akan memetakan kebutuhan dan karakteristik yang diperlukan oleh pelaku dalam kegiatan pendidikan. Dengan adanya pemetaan dan gambaran yang jelas tersebut maka diharapkan adanya pemahaman yang komprehensif mengenai kebutuhan dalam pendidikannya.
Layanan ini meliputi asesmen bagi individu atau instansi guna mengenali potensi, minat, bakat, maupun hambatan belajar. Metode yang digunakan adalah tes minat-bakat, tes-tes psikologi, wawancara dan observasi dalam berbagai latar situasi. Bentuk layanan ini diantaranya:
(1). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus
Meliputi asesmen kesulitan/kesukaran belajar anak, asesmen gangguan dan hambatan belajar sehingga dapat dicarikan jalan keluar yang tepat. Selain itu untuk anak berkebutuhan khusus dengan asesmen ini dapat diketahui hambatan yang dialami serta potensi yang dimiliki sehingga dapat dikembangkan secara maksimal.
(2). Asesmen Potensi Anak
      Layanan ini bertujuan untuk mengetahui potensi siswa seperti tingkat kecerdasan (IQ), kematangan sosial-emosional, bakat dan minat sehingga dapat dijadikan acuan atau pedoman untuk seleksi penerimaan siswa masuk sekolah, penjurusan, dan lain-lain.

Layanan 2 : Pusat Intervensi
Layanan intervensi ini lebih fokus pada usaha-usaha membuat rancangan dan mengimplementasikan program/kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari individu maupun kelompok. Bentuk layanan ini antara lain:
1)    Psikoedukasi
Layanan psikoedukasi berupa diskusi, talkshow, atau materi klasikal yang berisikan pengetahuan tentang psikologi, perkembangan, dan pendidikan.
2)    Seminar dan Workshop
Untuk membahas atau memahami lebih dalam mengenai tema-tema dalam perkembangan, pendidikan, maupun psikologi. Seminar atau workshop dapat ditujukan untuk umum maupun kalangan tertentu seperti khusus untuk guru atau siswa.
3)    Pelatihan SDM Pendidikan
Pelatihan dapat dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan (outbound training). Peserta pelatihan adalah para stakeholder pendidikan, seperti anak, guru, orangtua, atau masyarakat umum. Melalui pelatihan, selain mendapatkan pengetahuan, peserta juga mendapatkan tambahan ilmu keterampilan tertentu yang bermanfaat dalam dunia pendidikan.
4)    Rancangan Pembelajaran Individual (RPI).
Layanan ini berfokus pada siswa atau anak berkebutuhan khusus yang berdasarkan hasil asesmen perlu mendapatkan rancangan, bentuk, dan metode pembelajaran khusus sehingga kegiatan belajar yang dilakukan efektif dan dapat mencapai hasil yang optimal.
Selain bentuk dan metode yang berbeda, RPI ini juga dimungkinkan untuk memberikan layanan pendampingan pembelajaran individual. Pendampingan tersebut dilakukan oleh tenaga ahli, atau orangtua yang telah mendapat pembekalan dan pelatihan untuk menjadi pendamping kegiatan pembelajaran individual.

Layanan Terpadu

Selain layanan tersebut di atas, kami juga memberikan layanan yang terpadu untuk permasalahan belajar individual anak seperti konseling dan terapi, sejak dari asesmen, rancangan terapi hingga terapi yang diberikan, baik terapi individu dalam situasi khusus (tempat terapi/laboratorium) maupun terapi situasi umum seperti di sekolah dan rumah. Dengan adanya layanan terpadu ini diharapkan agar hasil yang dicapai setelah asesmen dan intervensi lebih baik sesuai dengan yang diharapkan.

@boed052014

0 komentar:

Posting Komentar

 

Taman Bermain Anak Indonesia Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting